Sabtu, 26 November 2011 - 0 komentar
Nama : Farah Fajriatun Nikmah
Kelas  : 1PA09
NPM  : 12511693



Manusia dan Pandangan Hidup

 

Setiap individu pasti memiliki pandangan hidup, di mana setiap orang memiliki pandangan hidup yang berbeda-beda. Pandangan hidup memiliki pangertian sebagai pendapat yang digunakan sebagai pegangan, patokan, arahan, serta petunjuk untuk melangsungkan kehidupan sehari-hari. Pendapat yang ada tersebut tidaklah didapat seketika. Pendapat tersebut didapat dari pengalaman yang pernah seseorang alami. Pandangan hidup berdasarkan asalnya dibagi 3, yaitu :
1. 1. Pandangan hidup yang berasal dari agama
2. 2.Pandangan hidup yang berasal dari ideologi
3. 3.Pandangan hidup yang berasal dari hasil renungan
Pandangan hidup pada dasarnya memiliki beberapa unsure, yaitu cita-cita, kebajikan, usaha, keyakinan/kepercayaan.
A. Cita-cita
Cita-cita adalah sesuatu yang ingin kita capai atau kita dapatkan di masa yang akan datang. Tentunya, agar tercapai cita-citanya, seseorang harus melakukan usaha dan kerja keras. Apabila cita-citatersebut tidak pernah tercapai, cita-cita tersebut menjadi angan-angan. Tercapai atau tidaknya cita-cita seseorang tergantung atas usaha yang dilakukan seseorang.
B. Kebajikan
Pada dasarnya, suatu cita-cita mengharapkan suatu tujuan dimana tujuan tersebut adalah kebajikan. Pada hakikatnya, kebajikan sama halnya dengan perbuatan moral, perbuatan yang sesuai dengan norma-norma agama dan etika. Manusia berbuat baik, karena menurut kodratnya manusia itu baik, mahluk bermoral. Atas dorongan suara hatinya manusia cenderung berbuat baik. Jadi, kebajikan adalah adalah perbuatan yang sesuai dengan suara hati kita .
C. Usaha/Perjuangan
Telah dijelaskan sebelumnya bahwa agar cita-cita tercapai, dibutuhkan suatu usaha yang maksimal. Usaha tersebut bisa berupa ilmu/otak/ide/pemikiran maupun jasmani/tenaga. Namun, karena kemampuan seseorang berbeda-beda, maka usaha yang dilakukan-pun berbeda-beda. Hal itu akan menimbulkan tingkat kemakmuran setiap orang berbeda-beda.
D. Keyakinan/Kepercayaan
Keyakinan/kepercayaan yang menjadi dasar pandangan hidup berasal dari akal atau kekuasaan Tuhan. Menurut Prof.Dr.Harun Nasution, ada 3 aliran filsafat yaitu aliran naturalism, aliran aktualisme, dan aliran gabungan. Langkah-langkah perpandangan hidup yang baik adalah :
1. Mengenal
2. Mengerti
3. Menghayati
4. Meyakini
5. Mengabdi
sumber : http://priyosantblog.blogspot.com/2011/05/manusia-dan-pandangan-hidup.html

0 komentar:

Posting Komentar